Wednesday, January 16, 2008

Taman Safari Bali

Pas di Bali kita sempat ke taman safari, tadinya mama pikir bakalan sama aja kayak taman safari di bogor, ternyata jauh lebih bagus dan lebih teratur walaupun memang lebih kecil dan belum selesai semua (mainan dan penginapan dan teather)..mungkin karenan mereka dah pengalaman sama yg di bogor ya.. jadinya dibuatlah yg lebih ok.

pertama pas mau masuk kita diharuskan pakai mobil mereka jadi mobil pribadi di parkir diluar, nah di dalam mobil ada guide yg akan menerangkan hewan2 yg kita liat.. ternyata mama dapat banyak pelajaran baru nih..
1. Tau binatang Tapir (tadinya mama tulis Anoa untung ada mba diah yg membetulkan, thank u mba) kan? yg badannya hitam putih kayak panda?, nah ternyata nih si Anoa ngga kuat kena sinar matahari terlalu lama karena bisa menimbulakan kebutaan..makanya mereka kalo sing lebih senang tidur2an n berteduh.. ngga heran kalo kita ke taman safari liat Anoa kok kayaknya malas bgt getho..
2. Orang utan, kita tau lah kalo mereka adlh spesies yg paling mendekati manusia, jadi buat org utan yg betina dia juga ngerasain yg namanya haid tiap bulan dan hamil juga sembilan bulan.
3. Kuda nil/Hipo, ternyata dia musuh terbesar manusia ato lbh tepatnya nelayan (sampai sejauh ini katanya mereka hanya menyerang saja utk menjaga diri tapi mereka tetap herbivora kok) ..katanya ini dikarenakan mereka sering tertabrak perahu nelayan karena di pikir batu.. memang sih si hipo kan suka banget berendam dan menyelam, dia bisa menahan napas sampai 5-6mnt gitu dlm air..soalnya mereka cepat sekali berkeringat dan keringat mereka ini warnanya merah sampai hampir menyerupai darah..
4. Burung Onta, yg merupakan jenis burung paling besar ini juga unik, karena yg cewe bibirnya biasa coklat tetapi yg cowo bibirnya bewarna merah.. dan kec mereka lari 60km/jam kebayang ngga sih kalo dikejar ma burung onta..?
5. Pas dibagin Unta aku baru tau kalo punuk unta bukan berfungsi sebagai tempat penyimpanan air melainkan hanya berisi jaringan lemak..
6. Kambing Gunung, kambing yg suka naik2 gunung tuh.. ternyata mereka takut kerendahan..hi3x.. selain itu juga mereka terbiasa hidup diatas untuk menghindari serbuan binatang buas.. jadinya kru taman safari melakukna delivery service 2x sehari utk mereka.
7. Badak, kita sering liat badak nabrak2 kan kalo jalan.. (kayak di film2 kartun tuh.. ternyata itu karena badak mempunyai pengheliatan yg sangat buruk tapi untungnya pendengaran mereka sangat tajam. ngga heran ya ada istilah muka badak..lah wong mereka liat aja ngga jelas..makanya cuek bebek..
8. Gajah ternyata berbeda2 dari setiap asalnya, ada gajah yg kuku depannya 5 tapi kuku kaki belakang cuman 4 ada juga yg lebih sedikit, tapi aku lupa dr daerah mana.
sama belalai gajah juga beda2 ada yg ujungnya cuman satu ada yg ujungnya 2.
Lumayan kan mama dapat banyak pelajaran.. nih mama tulis buat Vanya baca nanti ya..

Makanya selama perjalanan si Vanya juga asik dengerin guide nya cerita2 sambil teriak2.."epven..ephen..(elephant maksudnya)" Trus pas liat burung apa ya mama lupa eh, si Vanya terak "bebek..bebek.." pas liat harimau bukannya takut malah angkat tangan jari telunjuk diangkat trus teriak "sit..sit!!" persis kalo nyuruh balti milo n max duduk... hi3x.. dia kira itu anjing kok gede banget ya.. tapi pas sudah mau keluar dr trip keliling Vanya malah tertidur lelap.. yg ada foto2 dgn Vanya bobo deh.

safari park

Di taman safari ini banyak juga hiburannya contohnya pas di jalan mau masuk kandang singa tiba2 mobil kita pas ngelewatin jembatan bunyi trus gedebuk n mobilnya serasa jeblok (apa sih bahasayg bener?) gitu kayak ban pecah ato apalah.. ternyata itu salah satu trik dr taman safari untuk menghibur kita.. yg ada kita malah ketakutan kali..trus sempat juga di bagian kuda nil, mobil kita juga masuk ke dalam rawa2 ato kolam gitu deh tapi kiri kanan tetap ada jalurnya biar ngga nabrak kuda nil kali ya..
trus mereka punya restaurant yg mana kalo kita makan disitu viewnya harimau putih (jadi harimaunya kayak di etalase). trus yg lagi proses mereka bangun ada vila dan hotel yg di tengah2 taman safari itu.. serukan bangun pagi langsung ketemu badak dll.. mereka juga lagi bangun kayak mini dufan gitu...rencanyanya sih bakalan selesai semua akhir 2009.. wah serukan.. ayo yg mau ke bali akhir 2009 aja biar bisa nikmatin taman safari yg heboh.. btw mama baru sadar kalo pas disana ngga liat Jerapah..blum dikirim kali dr bogor..

Oia kita (mama & Vanya yg tertidur di gendongan mama) juga sempat foto sama harimau putih yg kayaknya di bius deh, abis ngga mungkinkan dia tidur lelap sementara orang lalu lalang foto2..(liat aja tuh lidahnya ampe melet2) trus foto juga ma bayi harimau yg baru 2 bln umurnya.

3 comments:

Theresia Maria said...

kasihan juga ya harimau putihnya, koq dibius sih...

Wahahaha...Vanya kecapekan ya, ampe bobok enak gitu.

Anonymous said...

Halo Mama Vanya, salam kenal ya. Saya gak sengaja liat tulisan Mama tentang taman safari di Bali. Di situ Mama bilang binatang anoa yang warnanya hitam dan putih. Waduh, secara saya sekarang sedang giat-giatnya mempromosikan binatang anoa ini, jadi gatel ingin membetulkan (maaf lho sebelumnya :-) ) Binatang yang warnanya hitam dan putih itu mungkin tapir, yang juga punya belalai pendek. Kalo anoa seperti sapi/kerbau kerdil, warnanya hitam ato coklat. Yang salah taman safarinya kali ya?

Raquel Brenda said...

Wah makasih ya mba Diah... bener tuh mama baru aja google ternyata emang Tapir yg di maksud si taman safari si hitam putih..

yg salah mamanya Vanya kali salah denger..ha3x.. jadi kesian ma Anoa dibilang tapir..

Mama edit deh tulisan diatas ntar pada salah lg semua org yg baca..