Tuesday, April 17, 2007

Dokter dan dokter lagi..

Sebenernya ini dah mama ketik bersambung mulai dari 2 minggu yang lalu tapi masih mama save as draft dulu, nah ceritanya dimulai dari:

Selasa 3 April,

Tadi malam mama ke breast clinic lagi, karena tempat nenennya Vanya kesumbat lagi, kali ini ngga bengkak dan ngga merah (krn bulan2 kemarin sempat bengkak dan merah) tapi nyut2an terus.. kali ini mama ganti dokter dan sudah harus daftar dari minggu lalu baru dapat hari selasa ini. mama dapat no 19 jam 19.30an kata susternya.. kita sampai sekitar jam 7an dan ternyata dokternya masih di RSCM..sedangkan semua pasien dtg..jadi kemungkinan bakal nunggu lama nih..mama n daddy makan nasgor dulu deh di bawah.. si Vanya mama kasih biskuit biar ngga ngiri hi3x.. abis makan kita nunggu di tempat dokter kandungan krn ini lantai yg paling sedikit orang sakitnya di RS, yang ada dilantai ini ibu2 bahagia yang sebentar lagi mau liat baby mereka yg dah 9 bln dlm perut..krn si Vanya rewel jadi di bawa jalan2 sama daddy sampai bobo.

sambil nungguin dokter mama sempat berdoa mohon bimbingan Tuhan, dan mama minta Tuhan ikut ambil bagian dalam setiap tindakan yg di berikan dokter..sekitar jam 9 lewat gitu mama baru di panggil..ternyata pas di periksa, dokternya langsung ambil tindakan untuk sedot benjolan (yang ukurannya kurang lebih 7 cm waktu di USG bln Feb dan kyknya sekarang dah tambah besar), benjolan yg udah ampir 3 bulan ini ngebikin deman n ngga enak badan deh semua. Nah pas disedot pake suntikan yg geude buanget deh (jarumnya sih tetp normal)sampai2 mama tutup mata karena takut eh malah disuruh liat ma dokternya.. pas mama liat ya ampun warna air susu yg udah menggumpal itu ijo banget iiih...geli banget deh..daddy juga disuruh liat ma dokternya.. cairan susu yg sudah terinfeksi itu disedot sekitar 100cc lebih, langsung deh nenen mama lembek (memang belum semua, tapi yg tadinya keras kayak batu dah langsung ilang dan yang setiap mama begerak selalu ngilu berangsur2 ilang) mama senang banget.
kata dokter emang salah satu saluran ASInya mampet..pet..pet dan ngga bisa keluar jadi dokternya coba untuk disedot. Padahal dokter yg dulu langsung nyuruh operasi untuk angkat benjolan ASI basi yg katanya dah kayak keju n ngga bisa disedot (untung mama pindah dokter sebelum operasi ya). Tuhan emang baik banget sama mama.. mama dah ketakutan kalo hrs operasi.

tapi perjalan belum selesai, karena minggu depan mama harus kembali ke dokter untuk ambil hasil lab..mudah2an hasil labnya bagus supaya tidak perlu tindakan operasi.
doain ya teman2.
mama bobo dulu deh dah malam nih.. daddy n Vanya juga dah lelap banget kecapean nungguin mama di RS.

Selasa 10 April,

Hari ini mama balik lg ke RS untuk ambil hasil yg minggu lalu. Seperti sudah di duga dokter hasilnya semua terinfeksi, jadi mama akan dapat obat yg lumayan keras untuk infeksinya, berarti ASI ngga boleh diberikan buat Vanya. Sepertinya Vanya hanya dapat ASI sampai hari ini aja.. mama sih dah prepare kalo dokter akan anjurkan itu.. sedih sih emang, sebenernya mama mau kasih ASI ke Vanya paling ngga sampai 2 tahun kalo bisa.. maaf ya nak.. mudah2an kau mengerti ya..

Tadi pas di dokter, sempat disedot lagi benjolannya (dalam 1 minggu aja di mulai mengeras lagi kerena ASI terus berproduksi karena 1 minggu kemarin Vanya masih menyusui, sdgkan tdk ada jalan keluar buat bbrp saluran yg tersumbat). tadi pas disedot warnanya dah ngga ijo tapi susu bercampur darah dan agak sakit tapi banyaknya masih sekitar 100cc lebih.. kata dokter memang begitu karena sdh tdk terlalu besar jd terasa sakit... tapi berita positifnya dari dokter adalah mama tidak perlu operasi untuk mengangkat benjolan itu.. cukup dgn disedot dan liat dr reaksi obat yg akan mama minum 1 minggu ini sebelum kembali lagi ke dokter.

Selasa, 17 April

Hari ini mama kembali lagi ke dokter..selama 1 minggu ini Vanya sudah stop ASI, awalnya ASI mama masih berproduksi dan masih banyak sekali sampai2 mama panik, gimana kalo ASInya keluar dan keluar terus ngga berhenti2 ya? ntar kesumbat lagi.. tapi setelah mengikuti saran dari dokter dgn "mengemben" dada mama, minum antibiotik dan stop ASI ke Vanya lalu berasung angsur ASI mama makin lama makin sedikit tapi mama masih pompa dan buang..hiks..beberapa kali mama sempat tergoda untuk di kasih ke Vanya..tapi mengingat antibiotik yg ikut di ASI akhirnya mama tetep buang ASI nya..

Puji Tuhan dari hari pertama Vanya mama stop ASI dan mulai kasih formula, Vanya sama sekali ngga ada penolakan..makasih ya nak kamu mengerti sekali keadaan mama.. walau kadang kalo dah mau nenen malam2 pasti Vanya sempat nangis dulu nunggu mama buat susu yg biasanya langsung dapet ASI sekarang hrs sabar sebentar sempat buat Vanya protes dan nangis..

Dan tadi hasil periksa dr dokter adalah semuanya ok, karena memang selama 1 minggu ini ngga ada keluhan di mama (payudara ngga sakit dan ngga bengkak dan sdh kembali ke size semula..). antibiotik mama juga tinggal 1 tablet dan tdk ditambah lagi oleh dokter. dalam 2 minggu lagi mama hrs kembali kontrol ke dokter krn walaupun tidak ada keluhan dll, tapi di tempat yg sempat bengkak dulu kalo di raba masih terasa ada benjolan di dalam, kata dokter itu adalah kantong yg belum kempes, karena tadinya bekas tmpt ASI yg mampet dan bengkak sehingga setelah di sedot dia masih memerlukan proses untuk mengecil..mama nurut aja deh..kan dokter pastinya lebih tau ya.. tapi tadi sebelum keluar ruangan, dokter sempat bilang "bu, kalo sebelum 2 minggu dan terjadi nyeri ato bengkak lagi segera kembali ya bu..!" duh..doain ya jangan sampai bengkak lagi.

6 comments:

Anonymous said...

brend, gw merinding deh baca ceritanya.
you're such a brave woman!
semoga semua berjalan lancar dan berakhir dengan baik ya....
you're in God's hand. GBU

Unknown said...

wah hebat banget perjuangannya nih, kok bisa tahan ya ada benjolan segitu lama, itu kayanya udah jadi breast abscess namanya ya? aku dulu juga sempet infeksi payudara, susunya memang sampe ijo sih, tapi gak sampe abses begitu.. BTW bren, kalau mau balik lagi menyusui setelah sembuh kayaknya bisa kok, konsultasi aja sama klinik laktasi di carolus, atau bisa juga tanya ke konselor menyusui di Milis ASI. Supaya ambisi sampe 2 tahunnya bisa tercapai gitu !

Wiet said...

Semoga cpt pulih lagi ya Mom, biar Vanya bisa minum susu lagi :x

Lisette Marsya Leepel said...

Benar2 tidak mudah jadi seorang ibu yah!! Itulah kenapa surga ditelapak kaki ibu :)

Mudah2an cepet pulih yah Brend..

Anonymous said...

Hi Brenda,

Pengen tau akhirnya benjolannya kempes apa tidak yah? Soalnya saya punya pengalaman yg hampir mirip. Cuma setelah disedot cairannya, masih terasa benjolan kerasnya.
Boleh tau dokternya? Mau konsultasi juga. Thx

Raquel Brenda said...

Hi juga.
Puji Tuhan setelah hampir 2 bulanan seperti perkiraan dokter akhirnya benjolannya kempes juga. memang dokter bilang butuh proses untuk menghilangkan benjolan itu krn sebelumnya berbentuk kantong yg berisi cairan ASI jadi stlh cairannya dikeluarkan kantong tersebut tdk lgs mengecil makanya kita masih bisa merasakan adanya benjolan tapi sekarang sih sdh hilang.Kalo ingin memastikan bisa di USG mbak.

Aku ke dr. Sonar Panigoro di RS pondok Indah di Breast Clinicnya.

Mudah2an nanti hasilnya tdk apa2 ya mbak.